7 Fungsi Karbohidrat yang utama bagi tubuh manusia

Pengertian

Karbohidrat adalah senyawa kimia, dan sumber energi utama tubuh. Karbohidrat terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen, dan dapat dibagi menjadi empat jenis termasuk monosakarida, disakarida, oligosakarida, dan polisakarida. Tidak seperti protein dan lemak, karbohidrat mudah dicerna dan dipecah menjadi glukosa yang digunakan tubuh untuk berbagai fungsi, termasuk energi. Karbohidrat dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, roti, dan makanan gula. Makanan yang tinggi karbohidrat sederhana umumnya tidak sesehat makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Tentang Karbohidrat yang Menarik:

  • Karbohidrat memiliki 4 kalori per gram.
  • Makanan olahan seperti permen, kue, dan kue biasanya tinggi karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini sering menyebabkan kenaikan berat badan jika dimakan terlalu sering.
  • Karbohidrat kompleks termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, dan banyak sayuran. Karbohidrat kompleks cenderung memiliki jumlah serat yang lebih tinggi daripada karbohidrat sederhana. Mereka juga mengandung jumlah vitamin dan mineral yang sehat.
  • Monosakarida adalah bentuk karbohidrat yang paling mudah dicerna oleh tubuh. Monosakarida yang umum adalah glukosa dan fruktosa, yang larut dalam air dan rasanya sangat manis.
  • Disakarida terdiri dari dua monosakarida dan termasuk laktosa (karbohidrat susu), dan sukrosa.
  • Polisakarida adalah karbohidrat yang disebut sebagai karbohidrat kompleks, dan terdiri dari molekul karbohidrat panjang.
  • Oligosakarida adalah jenis karbohidrat yang terdiri dari tiga hingga enam monosakarida.
  • Karbohidrat kompleks termasuk pati, glikogen, selulosa, dan kitin.
  • Banyak tanaman menyimpan energi mereka dalam pati, yang kita konsumsi dalam bentuk sayuran seperti kentang, dan kemudian menggunakan energi saat kita mencerna makanan.
  • Hewan menyimpan energi mereka dalam glikogen, yang disimpan dalam otot dan hati mereka dan digunakan saat dibutuhkan oleh tubuh untuk energi.
  • Selulosa adalah jenis karbohidrat yang ditemukan pada tanaman, tetapi tidak dapat dicerna ketika tanaman dikonsumsi.
  • Jamur dan arthropoda memiliki molekul karbohidrat struktural yang disebut kitin.
  • Sekitar dua hingga tiga persen massa tubuh manusia terdiri dari karbohidrat.
  • Agar sel manusia berfungsi sebagaimana mestinya, karbohidrat harus tersedia.
  • Sementara karbohidrat digunakan untuk energi, lemak dan protein digunakan untuk membangun sel dan jaringan dalam tubuh.
  • Beberapa orang percaya bahwa makan sangat sedikit karbohidrat akan membantu mereka menurunkan berat badan. Karbohidrat diperlukan untuk kesehatan manusia, untuk memastikan tubuh dapat berfungsi dengan baik. Beberapa orang bertahan hidup dengan karbohidrat sangat sedikit karena tubuh dapat mengubah protein menjadi karbohidrat untuk digunakan sebagai energi. Tetapi diet yang sangat rendah karbohidrat kompleks sering kekurangan serat, vitamin dan mineral.
  • Ketika orang makan terlalu banyak karbohidrat, seringkali dalam bentuk karbohidrat sederhana, mereka dapat menambah berat badan karena tubuh menyimpan karbohidrat ekstra sebagai lemak.
  • Karbohidrat sederhana cenderung meningkatkan gula darah, sedangkan karbohidrat kompleks mengandung serat, yang memperlambat pencernaan gula dan tidak meningkatkan gula darah.
  • Manusia harus fokus pada makan banyak karbohidrat kompleks dalam bentuk sayuran dan banyak buah-buahan, dan menghindari karbohidrat olahan (karbohidrat sederhana) yang ditemukan dalam pasta putih dan roti, gula, kue, dan bahkan jus buah.

Apa itu

Apa yang pertama kali muncul di pikiran Anda saat mendengar kata “Karbohidrat”? Ini adalah salah satu makronutrien ampuh serta sumber utama energi untuk tubuh manusia. Tetapi banyak fakta dan berita bahwa karbohidrat sebagai salah satu makanan kontroversial di dunia, dan banyak orang-orang dengan sedikit atau tanpa pengetahuan tentang gizi sering mempertimbangkan untuk menghilangkan karbohidrat dari pola makan.

Untuk penjelasan bagi seorang awam, sama seperti mobil membutuhkan bahan bakar untuk pergi, tubuh manusia menuntut energi yang cukup untuk melaksanakan tugas-tugas sehari-harinya.

Dan jumlah energi tertinggi dalam bentuk kalori hanya dapat diterima dari karbohidrat, 45 – 65% tepatnya. Apakah seorang atlet, binaraga atau tidak aktif, menambahkan nutrisi adalah suatu keharusan berdasarkan gaya hidupnya.

Fungsi Karbohidrat
Fungsi Karbohidrat

Apa yang membuat Karbohidrat menjadi Nutrisi Favorit?

Seperti yang disebutkan di atas, karbohidrat adalah sumber utama untuk menyediakan energi bagi tubuh. Makanan kaya karbohidrat yang dikonsumsi oleh seorang individu selanjutnya dipecah menjadi glukosa untuk diubah menjadi energi dalam bentuk ATP.

Karbohidrat juga memainkan peran penting dalam metabolisme lemak. Tanpa asam oksaloasetat sebagai mediator, lemak cenderung diubah menjadi keton yang beracun bagi tubuh. Kebutuhan harian minimum dari makronutrient ini untuk rata-rata orang adalah 130 g, yang dapat ditingkatkan hingga maksimum 300 g berdasarkan gaya hidup dan intensitas olah raga.

Namun, ketika karbohidrat dikonsumsi dalam jumlah berlebih, ia cenderung disimpan sebagai lemak, yang menghasilkan berat badan yang tidak diinginkan.

Apakah semua Karbohidrat baik-baik saja untuk ditambahkan dalam makanan?

Karbohidrat diklasifikasikan menjadi dua jenis:

Karbohidrat Sederhana: “Gula” adalah kata pertama yang harus Anda dengar ketika mendengar istilah ini. Jus dan soda kemasan yang menyegarkan, potongan-potongan kue yang cantik dan bahkan sereal harian Anda yang telah menjadi bagian penting dalam hidup Anda adalah contoh karbohidrat sederhana.

Karbohidrat Kompleks: Makanan yang ibu Anda telah mendesak untuk Anda makan selama bertahun-tahun ini termasuk dalam kategori ini dan disebut sebagai ‘Karbohidrat Baik’. Karbohidrat sehat yang baik adalah biji-bijian, buah-buahan segar dan sayuran, gandum, jagung, kacang-kacangan serta beras. Mereka bekerja secara ajaib untuk membantu menjaga berat badan serta membantu mengendalikan banyak masalah kesehatan termasuk kolesterol.

Seberapa sehat dan bermanfaatkah Karbohidrat bagi tubuh?

Ketika seseorang mulai menambahkan jumlah karbohidrat yang proporsional dalam makanannya, ia akan memberi banyak manfaat dengan yang utama yaitu:

  1. karbohidrat bertindak sebagai nutrisi penghemat protein, yang berarti memungkinkan protein untuk fokus pada pemulihan otot daripada memberikan energi ke tubuh
  2. Berkontribusi untuk kenyang dan menunda pengosongan lambung untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga usus tetap sehat
  3. Bertindak sebagai bahan bakar pilihan untuk jaringan saraf dan Sel Darah Merah.
  4. Membantu dalam mengatur kadar gula darah yang dapat berupa hipoglikemia atau hiperglikemia
  5. Membantu hati tahu kapan harus menurunkan antibodi dengan membelah protein yang membentuk imunoglobulin

Ini adalah mitos dan kesalahpahaman umum bahwa karbohidrat cenderung hanya menambah berat badan dan menuntun seseorang ke gerbang beberapa penyakit. Seperti kata pepatah, “Kelebihan semuanya buruk”. Jadi, pastikan menambahkan jumlah yang cukup dari setiap nutrisi untuk makanan Anda dan berikan diri Anda pada kehidupan yang sehat, kaya, dan bijaksana.

Fungsi

Karbohidrat adalah penyedia energi utama tubuh. Fungsi penting karbohidrat tercantum di bawah ini.

  • Mereka juga penting dalam diet karena fungsi spesifik yang mereka lakukan dalam tubuh manusia seperti menghilangkan atau meminimalkan ketosis, pemecahan protein tubuh, kehilangan kation dan dehidrasi.
  • Selain itu, karbohidrat sangat penting karena merupakan prekursor untuk turunan karbohidrat yang secara aktif terlibat dalam proses metabolisme manusia.
  • Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama.
  • Fungsi sistem karbohidrat dalam mekanisme molekuler yang bertanggung jawab atas aspek penting dari aktivitas hidup.
  • Mereka sangat penting untuk oksidasi lemak.
  • Mereka melakukan tindakan hemat pada proton.
  • Mereka menyediakan kerangka karbon untuk sintesis beberapa asam amino nonesensial.

Kesimpulan

Karbohidrat adalah senyawa kimia yang terdiri dari oksigen, hidrogen, dan karbon.

Karbohidrat dapat dibagi menjadi 4 kelompok kimia; monosakarida dan disakarida (karbohidrat sederhana sering disebut sebagai gula), serta oligosakarida dan polisakarida (karbohidrat kompleks).

Karbohidrat adalah sumber energi (kalori) utama tubuh dan merupakan sumber bahan bakar utama untuk olahraga dan olahraga.

Karbohidrat mudah dicerna dan dipecah menjadi glukosa, yang kemudian digunakan tubuh untuk melakukan berbagai tugasnya. Protein dan lemak di sisi lain, adalah sumber energi yang lebih sulit untuk dicerna dan dibutuhkan untuk membangun jaringan dan sel-sel dalam tubuh.

Karbohidrat adalah sumber dari sebagian besar asupan energi harian kita, tetapi tubuh kita memiliki batas. Terlalu banyak karbohidrat dan tubuh akan menutupi lemak ekstra.

Sebagian besar makanan yang kita konsumsi mengandung karbohidrat. Semua buah dan sayuran, semua roti, biji-bijian, dan produk sereal adalah karbohidrat, juga gula dan makanan manis.

Beberapa makanan mengandung lebih banyak karbohidrat daripada yang lain, pasta, roti, nasi, susu, kentang, makanan yang dipanggang, buah-buahan, sayuran, sereal, dan popcorn semuanya tinggi karbohidrat.

Pati adalah karbohidrat paling umum dalam makanan khas manusia. Kentang, beras, gandum, dan jagung semuanya mengandung banyak pati.

Karbohidrat tidak semuanya sama. Karbohidrat olahan buatan manusia bertindak secara berbeda dalam tubuh kita dibandingkan dengan karbohidrat kompleks yang lebih alami.

Karbohidrat olahan buatan manusia tidak banyak mengandung nutrisi dan diuraikan, dicerna, dan digunakan dengan sangat cepat oleh tubuh kita. Makan karbohidrat ini akan memberi energi sementara, tetapi segera setelah kita merasa lelah atau lapar lagi. Karbohidrat olahan, ditemukan dalam makanan seperti roti putih, pasta putih, nasi putih, gula, kue, kue, dan jus buah yang memerlukan sejumlah langkah pemrosesan dalam pembuatannya.

Karbohidrat kompleks lebih alami di sisi lain sarat dengan nutrisi seperti serat, vitamin dan mineral. Karbohidrat ini tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang sama, tubuh kita memecahnya dan mencernanya lebih lambat, jadi kita merasa kenyang lebih lama. Makanan yang tidak diproduksi seperti buah dan sayuran segar, roti gandum, sereal, pasta dan beras merah adalah karbohidrat alami yang sehat.

Adalah mungkin bagi manusia untuk hidup sehat sambil makan karbohidrat yang sangat rendah, karena tubuh kita dapat mengubah protein menjadi karbohidrat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *