4 Cara untuk Menyembuhkan Lengan dan bahu yang Lelah

Setiap tahun atlet muda berurusan dengan lengan yang lelah dan sakit. Lebih buruk lagi, ketika tidak dirawat dengan benar, apa yang dimulai sebagai penyakit sederhana dapat dengan cepat berubah menjadi cedera akhir musim, atau lebih buruk, operasi rekonstruksi besar.

Apakah itu baseball atau softball – atau olahraga lain yang melibatkan penggunaan lengan secara konstan – tips di bawah ini dapat memberikan kelegaan dari lengan yang sudah sakit.

Ramuan Lengan Lelah No.1: R.I.C.E.

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika Anda memiliki lengan yang sakit adalah membuat janji dengan dokter. Untuk sementara gunakan metode R.I.C.E – yang merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compression, dan Elevation.

  • Istirahat: Jangan membuang selama beberapa hari sampai nyeri lengan mereda dan Anda telah mengunjungi dokter.
  • Es: Berganti-ganti dengan 20 menit waktu es, 20 menit dengan es mati dan kembali ke 20 menit waktu es.
  • Kompresi: Bungkus lengan dengan perban ACE untuk meminimalkan peradangan.
  • Ketinggian: Jaga agar area yang terluka terangkat di atas tingkat jantung dengan bantal.

Ramuan Lengan Lelah No.2: Perkuat Korset Bahu

Kebanyakan orang fokus pada penguatan rotator cuff. Ini penting, tetapi pastikan untuk tidak mengabaikan otot-otot di sekitar tulang belikat atau tulang belikat.

Dua gerakan berikut ini dapat membantu bahu yang terluka dan mencegah terjadinya cedera. Catatan: Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau terapis fisik Anda terlebih dahulu sebelum mencoba gerakan-gerakan ini.

  • Rotasi Eksternal Internal: Dengan pita dilingkarkan di bawah kaki dan lengan atas sejajar dengan tanah, putar tangan ke bawah sehingga sejajar dengan siku. Tarik kembali dengan ketegangan konstan. Lakukan tiga set 12-15 repetisi, 2-3 kali per minggu. Halter ringan juga bisa digunakan sebagai pengganti band.
  • Cuban Press: Seperti di atas, pegang band di samping. Jepit bahu ke belakang, lalu tarik berat badan dengan tegang konstan dan lengan atas sejajar dengan tanah. Lakukan tiga set 12-15 repetisi, tiga kali per minggu. Sekali lagi, dumbbell ringan juga bisa digunakan.

Ramuan Lengan Lelah No.3: Pijat

Apakah pijatan meningkatkan aliran darah ke otot, pijatan olahraga jaringan dalam yang umum dapat mengatasi adhesi dan ketegangan otot di lengan. Untuk atlet yang melakukan aktivitas yang sama pada volume tinggi, seperti pitcher, jadwalkan waktu dengan praktisi pijat setidaknya sekali seminggu selama musim. Ini dapat mengurangi risiko cedera berulang, seperti tendonitis, dan menjadikan tubuh Anda prima untuk kinerja puncak.

Catatan: Untuk cedera akut, seperti tarikan hamstring, pijatan langsung tidak dianjurkan pada awalnya. Cobalah strategi mengurangi peradangan seperti R.I.C.E sebelum Anda beralih ke pijat.

Ramuan Lengan Lelah No.4: Tidur dan Nutrisi Yang Tepat

Meskipun akal sehat, kedua area ini sering diabaikan – dan dapat membuat atau menghancurkan bagaimana perasaan dan pemulihan tubuh Anda.

Kuncinya adalah membuatnya sederhana. (Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah membuat diri Anda stres.) Dapatkan setidaknya tujuh jam tidur tanpa gangguan per malam, lebih disukai lebih banyak. Makanlah makanan segar dan utuh yang membantu pemulihan dan kinerja Anda

Metode ini tampak sederhana, namun banyak yang gagal mengikuti salah satu atau semuanya. Mereka dapat membuat perbedaan besar dalam kemampuan Anda untuk pulih dari cedera dan keausan sehari-hari – tidak peduli apa pun olahraga yang Anda mainkan.

Cara Mengatasi Lelah Pada Bahu Saat Menggunakan Komputer

Hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan komputer, dengan adanya komputer maka segala hal bisa ditampung dengan mudah. Namun bagi orang yang bekerja didepan komputer seharian pasti pernah mengalami kelelahan pda bahu atau pundak saat terus menerus duduk di depan komputer.

Dan hal ini disebabkan oleh posisi tubuh yang tidak sejajar dengan komputer. Jika hal ini terjadi terus menerus maka bisa saja menyebabkan sesuatu yang fatal. Oleh sebab itu sangat penting untuk anda mengobati dan mengatasi pundak agar tidak kelelahan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah di pundak yang kelelahan. Adapun solusi yang bisa anda lakukan adalah:

1. Kompres Dingin

Sepulang dari kerja anda bisa mengompres pundak dengan menggunakan air dingin, anda bisa mengompresnya dengan menggunakan air es. Suhu dingin akan membantu anda mematikan rasa sakit.

Mengatasi Lelah Pada Bahu Saat Menggunakan Komputer
Mengatasi Lelah Pada Bahu Saat Menggunakan Komputer

Juga mengatasi penumpukan asam laktat yang mana asam tersebut yang menyebabkan pundak sakit.

2. Terapi Panas

Anda juga bisa melakukan terapi panas, silahkan isi kantong air panas, letakkan di area yang kelelahan selamam 10 hingga 15 menit. Anda juga bisa menggunakan cara membersihkan diri dengan menggunakan air yang hangat, siram disekitar pundak selama 5 hingga 10 menit.

3. Terapi Pijat

Cara lainnya adalah dengan menggunakan terapi pijat, anda bisa meminta bantuan suami atau istri atau bisa juga datang ketukang pijat. Pijatan akan membantu pundak yang kaku dan kencang menjadi lebih lembut, sirkulasi darah juga akan berjalan dengan lancar.

4. Lakukan Peregangan

Saat anda berada didepan layar komputer, pasti anda akan merasakan pegal pundak dan leher, oleh sebab itu lakukan peregangan setiap kali anda merasa pegal. Anda bisa melakukan peregangan berdiri tegak lurus, angkat bahu tahan posisi dan kembalikan bahu seperti biasa.

Anda juga bisa melakukan peregangan otot bahu samping, lengan atas, leher, dan juga bagian belakang. Dengan cara dan solusi diatas, maka diharapkan bahwa kelelahan yang terjadi pada leher dan pundak bisa teratasi dengan baik. sehingga pekerjaan berjalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *